Beranda Cafe Resto 10 Tempat Makan Enak di Batam

10 Tempat Makan Enak di Batam

309
0

Batam kaya kuliner. Kota ini miniatur Indonesia. Aneka makanan dari berbagai daerah, ada di Batam. Ini dia, sepuluh tempat makan enak, bertahan lama dan tetap digemari di Batam. Bisa jadi panduan bagi Anda yang datang ke Batam, baik dari berbagai kota di Indonesia, maupun dari luar negeri.

  1. Sup Ikan Istimewa

Sup bening dengan sayur ini rasanya segar dan khas. Biasa dimakan dengan nasi putih dan cabe rawit kecap yang dipotong-potong. Sup ikan istimewa sudah digemari sejak lebih 20 tahun lalu. Awalnya, di ruko kecil kawasan nagoya. Pengunjung membludak hingga ke jalan. Lalu , lokasinya pindah ke tempat sekarang, dan buka cabang di Batam Centre, Pekanbaru dan Jakarta. Sup ikan istimewa jadi pilihan wisatawan dan warga Batam.

  1. Ikan Asam Pedas Rentak Melayu

Asam pedas ikan lebam atau sembilang ini gurih dan sedap. Kuahnya terasa asam dan pedas dan agak encer. Pilihan lain ikan karang, sotong yang dimasak ala Melayu. Rumah makan Rentak Melayu ini lokasinya di Batam Centre. Hampir semua pejabat di Batam dan Kepri, suka dengan asam pedas ini. Begitu juga tamu dari kota lain yang ingin mencicipi masakan khas Melayu.

 

  1. Nasi Goreng Goyang Lidah

Nasi goreng Padang ini lokasinya di Jodoh. Meski lokasinya di kaki lima dan emperan toko, pengunjungnya ramai sampai tengah malam. Nasi goreng ini sudah digemari sejak belasan tahun lalu. Pelayanannya cepat. Begitu duduk, pesan langsung datang. Soalnya, nasi goreng dimasak sekaligus dalam kuali besar. Ditaburi daging ayam, plus telur mata sapi. Bagi yang suka pedas, bisa ditambah cabe rawit.

  1. Empek-empek Kolekta

Makanan khas Palembang ini, dijual warga Batam asal Sumatera Selatan. Lokasinya di depan hotel Kolekta jalan Raden Patah. Itu sebabnya dikenal sebagai empek-empek kolekta. Aneka makanan khas Palembang ada disini. Seperti tekwan, kerupuk hingga es kacang yang manis dan segar. Usaha rumahan ini berkembang dan memiliki beberapa cabang di mal-mal.

  1. Sup Ikan Keladi

Sup ikan ini, selain berbahan ikan dan sayuran, juga dicampur keladi yang enak dan gurih. Harganya terbilang mahatl. Satu porsi Rp60 ribu. Sup yang gurih ini, kuahnya kental dan bumbunya terasa pas di lidah. Sup ikan keladi bisa didapatkan di ruko di depan BCS Mal.

  1. Kepiting Saos Sri Rejeki

Rumah makan sea food ini berlokasi di tepi pantai Batubesar dan bertahan sampai sekarang. Anda bisa memilih berbagai makanan laut seperti udang, ikan kerapu, kepiting, lobster dan cumi-cumi. Suasana pantai dan angin sepoi-sepoi, membuat tamu betah berlama-lama di rumah makan Sri Rejeki. Kepiting saosnya terkenal sedap dengan rasa pedas dan manis. Rumah makan seafood ini jadi langganan pejabat penting dan pengusaha terkemuka. Karena lokasinya dekat dari bandara Hang Nadim, sering tamu dari bandara langsung menuju restoran di Batu Besar, Nongsa itu.

  1. Makanan Khas Sunda Ibu Joko

Seperti namanya, rumah makan ini menyediakan makanan khas Sunda. Mulai dari empal, ikan, sayur lodeh, sup, telur dan sebagainya. Lokasi rumah makan khas Sunda ini ada di kawasan Nagoya dan Batam Centre. Saat waktu makan siang tiba, rumah makan khas Sunda ini selalu ramai.Anda bisa memilih sendiri makanan yang disukai. Pelayan tinggal menghitung di meja, berapa tagihannya. Selain disukai berbagai kalangan, rumah makan Ibu Joko ini juga sering menjadi langganan Wali Kota Batam Muhammad Rudi makan siang.

  1. Ikan Bakar Bulog

Seperti namanya, makanan utamanya ikan bakar dan cumi bakar. Makanan laut dibakar dengan arang batok kelapa, ditaburi bumbu dan disediakan cabe pedas, sesuai selera. Ikan bakarnya antara lain, ikan lebam, ikan putih, dann aneka makanan laut lainnya. Sebelum buka di kawasan Greenland Batam Centre, resto ikan bakar ini berlokasi di sebelah kantor Bulog di Baloi. Itu sebabnya namanya resto ikan bakar bulog.

  1. Martabak Har Nagoya

Restoran ini lokasinya sangat strategis, di perempatan Nagoya. Makanan khasnyan adalah roti prata dan teh tarik serta martabak. Martabak Har merupakan cabang dari Palembang, disana cukup sukses hingga membuka beberapa cabang, tapi sesungguhnya makanan ini bukan asli Palembang namun makanan khas India. Awalnya, martabak Har hanya digemari orang-orang Batam asal Palembang. Namun, lama-lama makin dikenal dan dikunjungi warga Malaysia dan Singapura yang jalan-jalan ke Batam.

  1. Sea Food Tanjungpiayu

Sejumlah restoran makanan laut, kini hadir di kawasan Tanjungpiayu. Kawasan ini sekarang terkenal dengan Sea Food Tanjungpiayu. Dari arah Nagoya atau Batam Centre, jika Anda menuju Tanjungpiayu, melewati kawasan industri Batamindo, belok kiri menuju Tanjungpiayu. Meski lokasinya lumayan jauh, berbagai restoran makanan laut di Tanjungpiayu kini ramai dikunjungi. Seperti namanya, aneka makanan laut ada di sana. Lokasinya yang berbukit-bukit, dengan pemandangan laut, kawasan ini menjadi pilihan warga Batam dan tamu yang ke Batam untuk bersantai dan makan siang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here