Beranda Travel Jalan-jalan? Kenali Jenis Penginapan

Jalan-jalan? Kenali Jenis Penginapan

167
0

Mau liburan dan jalan-jalan? Pertanyaan pertama setelah menentukan tujuan, nginap dimana. Soalnya, tempat menginap penting buat istirahat dan menaruh barang.

Nah, akomodasi dan penginapan ini, yang paling populer tentu saja hotel. Apa pilihan menginap selain hotel?Ada  motel, hostel, guest house, homestay hingga B&B. Agar kamu nggak salah pesan, mari kenali berbagai jenis penginapan ini.

  1. Motel

Sejarahnya, motel adalah singkatan dari motor hotel.  Motel adalah penginapan yang terletak di luar kota dan lokasinya biasanya di pinggir jalan raya. Motel juga biasanya dijadikan penginapan pilihan bagi orang yang sedang melakukan perjalanan antar kota. Motel mirip dengan hotel.Bedanya adalah, tempat parkir mobil berdekatan dengan kamar.

  1. Hotel

Nah, hotel pasti kamu sudah tau itu apa. Biasanya menggunakan bangunan secara khusus.Setiap orang bisa menginap, mendapat pelayanan dan berbagai fasilitas. Ada hotel berbintang, ada hotel non bintang atau kalau di Indonesia sering disebut hotel melati. Tarifnya tergantung bintang hotel itu, seperti bintang tiga, empat dan lima.

  1. Guest House                                                                                                                                       Guest House merupakan penginapan berupa rumah biasa dan menyewakan kamar-kamarnya kepada tamu. Biasanya, pemilik guest house tinggal di bangunan yang sama.
  2. Hostel                                                             Hostel merupakan penginapan yang memiliki fasilitas yang digunakan bersama oleh tamu-tamunya, seperti kamar mandi, ruang duduk, ruang santai, alat masak dan dapur. Kamar-kamar hostel biasanya juga sangat sederhana.
  3. Homestay

Homestay sebenarnya mirip guest house, namun biasanya tamu homestay tinggal lebih lama. Jika tamu merasa nyaman dan merasa menginap di rumah sendiri, mereka akan lebih betah tinggal di homestay. Itusebabnya, banyak pelajar asing yang memilih tinggal di homestay untuk mempelajari kebudayaan setempat.

  1. Dormitory

Dormitory adalah penginapan yang mirip dengan asrama.Biasanya, satu ruang dormitory disewa oleh tamu yang tidak saling mengenal. Satu ruangan dormitory diisi oleh 4 sampai 10 orang.Tamu-tamunya dituntut memiliki toleransi tinggi seperti tidak merokok dan berisik dalam ruangan. Dormitory disenangi oleh para backpacker karena tarifnya lebih murah dan tempat tidur bertingkat.

  1. B & B

Ini merupakan singkatan dari Bed and Breakfast. B & B adalah penginapan yang berukuran tidak terlalu besar, dengan fasilitas hanya untuk tidur dan sarapan. B & B merupakan rumah pribadi yang memiliki sekitar 4 hingga 7 kamar. Pemilik B & B biasanya juga tinggal di bangunan yang sama. Fasilitasnya seperti kamar mandi, ada yang di dalam kamar pribadi atau digunakan bersama dengan tamu lainnya.Sedangkan sarapan disajikan di ruang makan atau dapur. Istilah B & B sudah banyak digunakan di luar negeri, tapi di Indonesia masih kurang populer. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here