Beranda Cafe Resto Batamliciouz : Wisata Kuliner  Batam Masa Depan (1)

Batamliciouz : Wisata Kuliner  Batam Masa Depan (1)

128
0

Food Guide Nomor Satu Batam

Delicious artinya lezat, enak, sedap dan gurih. Itu sebabnya, Chandrana Rahman menggagas Batamliciouz. Semua makanan yang enak-enak di Batam. Pekan lalu, Batamliciouz menggelar bazar yang ketiga, di Mal Botania 2 dan diserbu pengunjung. Siapa Chandra dan bagaimana ia menggarap kuliner Batam?

Chandra kini menjelma menjadi food guide nomor satu di Batam.  Ia kini dikenal sebagai Batamliciouz. ’’Orang asing lebih kenal ID Instragram saya daripada nama asli saya. Sungguh menakjubkan,’’ tulis Chandra, di websitenya, www.batamliciouz.com.

Lelaki kelahiran Batam 36 tahun lalu itu, jebolan University of Winconsin, Madison Amerika Serikat. Setelah menyandang gelar Master of Science in Industrial Engginering (MSIE) Chandra pulang ke Batam karena kondisi kesehatan orang tuanya tahun 2008 silam. Meski pernah bekerja di Amerika, insiyur ini memilih pulang ke Batam menjalankan bisnis keluarga.

Chandra hobi makan enak. Teman-temannya pun sering bertanya, dimana tempat makan enak di Batam. Awalnya, akhir Februari 2015 Chandra memposting ulasan makanan yang dicicipinya di Instagram.  Ternyata, banyak yang merespon. ‘’Saya dapat ide, berbagi semua yang enak-enak di Batam. Inilah awal terbentuknya Batamliciouz,’’ kenangnya.

Kini, akun instagram @Batamliciouz memiliki pengikut 95,7 ribu lebih. Chandra juga mengelola laman facebook dan youtube dan semuanya fokus pada satu hal : makanan enak. Batamlicious tujuannya sederhana, tapi mengena. Berbagi informasi semua makanan enak kepada masyarakat.

Ternyata, banyak makanan enak yang tidak terekspos. Mulai dari restoran kelas atas, hingga  makanan yang dijajakan di kaki lima, yang murah, meriah dan enak.  Chandra memposting makanan dan minuman yang dinilainya enak. Ia menginformasikan mulai dari harga, penyajian dan penampilan. Yang paling utama adalah rasa. ‘’Rasa tak pernah bohong. Saya tak pernah membohongi lidah saya dan berbagi pengalaman dengan follower saya,’’ paparnya.

Lambat laun, Chandra makin dikenal dan ditawari jadi konsultan menu di berbagai restoran, mengkritisi penyajian dan rasa menu. Ia diundang untuk mencicipi makanan dan minuman dari hotel dan restoran. Konsultan engineering jebolan negara Paman Sam itu, putar haluan jadi konsultan menu makanan.

Kata kuncinya adalah kejujuran. Chandra tidak akan bilang makanan yang dicicipinya enak kalau rasanya memang tidak enak. Menu yang diposting di akun instagramnya memang dinilainya enak. Kalau tidak enak, dia tidak akan mempromosikan makanan tersebut. (bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here