Beranda Sribu Pulau Pulau Eksotis Kepulauan Riau

Pulau Eksotis Kepulauan Riau

116
0

Kepulauan Riau adalah negeri seribu pulau. Provinsi ke 32 ini, terdiri dari kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Lingga. Kepri memiliki 2.408 pulau besar dan kecil dimana 40% belum bernama dan kosong. Wilayah Kepri 95 persen lautan dan daratan hanya 5 persen. Batas wilayahnya, di Utara dengan Vietnam dan Kamboja, Selatan dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi, Barat dengan Singapura, Malaysia, dan Provinsi Riau, Timur dengan Malaysia, Brunei, dan Provinsi Kalimantan Barat.

Kekayaan alam Kepri seperti laut, pantai, air terjun, landscap dan pulau-pulau yang begitu banyak, sangat mempesona dan eksotis. Inilah beberapa di antaranya:

  1. Pulau Ranoh, Batam

Pulau yang eksotik dan berpasir putih ini, terletak di dekat Pulau Galang, kota Batam dan merupakan gugusan pulau-pulau di sekitar Pulau Abang, di Kecamatan Galang, Batam. Pulau Ranoh berpasir putih, air laut yang jernih dan terumbu karang dengan aneka bentuk yang unik serta bermacam ikan hias yang berwarna-warni mempercantik Pulau Ranoh. Dari jembatan 6 Barelang, di Pelabuhan Labun, Anda naik kapal cepat bermesin ganda, 20 menit sampai di Pulau Ranoh. Pulau berpasir putih, air laut yang jernih, nyiur melambai, serasa berada di pulau pribadi. Aneka water sport seperti jet sky, banana boat, kano dan snorkeling menanti Anda.

 2. Pulau Bawah, Anambas

Inilah gugusan pulau di Kepulauan Riau yang diklaim sebagai Asia’s top five tropical island paradises, sepadan dengan Koh Cang dan Similan Island di Thailand, Langkawi di Malaysia dan Teluk Halong di Vietnam. Selain ber-view cantik, gugusan Pulau Bawah ini memiliki kehebatan lain yakni keberadaan sebuah laguna atau danau kecil di laut dangkal yang kelilingi oleh beting karang. Kala air laut tengah surut, gugusan lima pulau yang ada di sana, seolah saling menyambung satu sama lain. Begitulah, karena keeksotisan, keunikan dan kealamiannya itu, tak heran kalau di waktu tertentu, gugusan Pulau Bawah dikunjungi banyak wisatawan asing yang biasanya bepergian ke sana menggunakan kapal layar atau yatch.

  1. Pulau Nikoi, Bintan

Pulau Nikoi adalah pulau seluas 15 hektar di lepas pantai Timur Bintan yang memiliki panorama indah. Pulau ini dikelilingi dengan bentangan pasir putih dan terumbu karang warna-warni yang masih alami. Terdapat sebuah resor berbintang yang siap memberi pelayanan kelas atas, yang dikelola oleh sebuah  perusahaan swasta profesional. Hampir dipastikan, sebagian besar pengunjung yang ke sana adalah wisatawan mancanegara, sisanya wisatawan domestik.

  1. Pulau Benan, Lingga

Pulau Benan berluas sekitar 190.625 hektar, bentuknya memanjang mirip ikan paus. Sejak dulu, pulau ini dikenal karena memiliki bentangan pantai berpasir putih nan halus. Sebagian pantainya dihampari bebatuan berbentuk unik yang letaknya ada di sisi tengah hingga ke bagian ujung. Uniknya, pulau ini selain menampilkan bentangan pantai, di sisi lainnya, memiliki panorama berbeda yakni jajaran rumah-rumah penduduk yang sebagian besar berdiri di atas permukaan air. Kalau ke Lingga, Anda sangat direkomendasikan berkunjung ke pulau ini. Sudah tersedia cottage-cottage sederhana di bibir pantai untuk Anda yang ingin bermalam. Harganya sangat terjangkau, dijamin tak merobek isi kantong. Snorkeling, berenang, bersampan atau bermain-main pasir di pantai adalah aktifitas yang sangat mungkin Anda lakukan di sana, selain tentu bersantai di gazebo-gazebonya yang tersebar di banyak titik.

  1. Pulau Durai, Anambas

Wajib. Jangan sampai luput menyambangi pulau ini kalau menjelajahi Anambas. Berada di sebelah Barat Laut Kota Tarempa, Pulau Durai tak ubahnya mutiara di Laut China Selatan yang menyimpan seribu satu keelokan. Pulau ini dikepung oleh hamparan laut biru yang berair sangat jernih. Pantainya, berpasir putih dan membentang panjang hampir melingkupi setengah pulau. Di punggungnya, berjajar rapi pepohonan nyiur tinggi menjulang. Bonus lebih kalau berkunjung ke sini, Anda bisa menyaksikan secara “live” penyu yang tengah merangkak naik ke permukaan pasir untuk bertelur.

  1. Pulau Senua, Natuna

Destinasi wajib! Jadikan Pulau Senua top list kunjungan Anda selama berwisata ke Natuna. Inilah pulau eksotis nan elok, berpasir putih dan berair jernih. Surga bagi bertumbuhnya terumbu karang dan rupa-rupa ikan serta aneka biota laut lainnya. Secara administratif, Pulau Senua masuk dalam wilayah Kecamatan Bunguran Timur, tepatnya berada di seberang Desa Sepempang. Selain tersohor dengan keindahannya, pulau ini menyimpan legenda turun temurun yang tetap dipercayai hingga kini. Konon kisahnya, Pulau Senua adalah penjelmaan dari seorang perempuan yang sedang hamil bernama Mai Lamah. Dalam bahasa setempat, kata “senua” berasosiasi pada tubuh berbadan dua. Sebab itulah tak heran kalau pulau ini terlihat memiliki bentuk laiknya perempuan berbaring yang tengah berbadan dua.

  1. Pulau Tambelan, Bintan

Tambelan adalan tempat wisata alami yang menarik. Kekayaan laut membuat kebanyakan orang-orang yang tinggal disini bekerja sebagai nelayan. Sebagai tambahan, Pulau Tambelan memiliki sembilan jenis penyu. Anda dapat melihat telur kura-kura laut dan melihat lezatnya dan bergizinya telur itu. Pasir putih pantai menyediakan suasana alami untuk bertahan hidup kura-kura laut itu. Ada juga tempat religius di Tambelan seperti makam Sultan Abdullah Muayat Syah dari Johor Malaysia. Makam ini dianggap sebagai obyek paling bersejarah di pulau Tambelan.

  1. Pulau Sedanau, Natuna

Berada di Selat Lampa, diapit Pulau Tiga dan Pulau Setai, Palau Sedanau tak ubahnya surga tersembunyi yang memiliki dua sisi. Paduan antara hamparan pantai berbatu nan unik serta bentangan pasir putih berair jernih. Pulau ini dikelilingi laut berlatar sekumpulan pegunungan hijau lebat yang ditumbuhi nyiur serta pepohonan hujan tropis, dengan rumah rumah-rumah panggung milik nelayan berjajar di sepanjang kaki bukitnya. Sangat cantik dan ketika sudah berada di pulaunya, Anda bakal dihampiri satu atmosfir yang tenang dan menentramkan. ****

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here