Beranda Travel 7 Pantai Menawan di Kepulauan Riau

7 Pantai Menawan di Kepulauan Riau

112
0

Batam sejak awal mengembangkan empat sektor. Alih kapal, industri, perdagangan dan pariwisata. Kini, shipyar dan industri merosot. Tumpuannya tinggal pada perdagangan dan pariwisata. Meski destinasi wisata di Batam dan Kepri terbatas, kekayaan alam dan budayanya luar biasa.

Kepulauan Riau memiliki 2.408 pulau-pulau. Indonesia juga dikenal memiliki garis pantai terpanjang ketiga di dunia. Batam sendiri memiliki sebanyak 360 pulau. Nah, wisata pantai salah satu wisata masa depan Batam dan Kepulauan Riau. Pantai mana saja yang menarik?

 1. Pantai Vio-Vio, Batam

Nama pantai ini unik. Pantai ini menawarkan keindahan alam pantai, jernihnya air laut, beragamnya kegiatan air serta tak ketinggalan pemandangan matahari terbenam yang menghipnotis. Pantai Vio-vio termasuk obyek wisata pantai baru. Jalan masuk kea rah pantai masih jalan tanah, setelah bukit ditebas.

Pantai Vio-vio terletak di Pulau Galang. Jika Anda berkunjung ke pantai ini akan melewati Jembatan Tuanku Tambusai atau Jembatan 5 Barelang yang menghubungkan antara Pulau Rempang dengan Pulau Galang.Tiket masuk ke dalam kawasan wisata Pantai Viovio Rp10 ribu per kepala.

Pengelola pantai juga menyediakan gazebo yang bisa disewa Rp150 per hari, ada banana boat serta adanya ayunan di tengah laut. Dari ayunan itu, bisa menyaksikan matahari terbenam yang begitu epik. Ada juga semacam panggung yang juga asyik untuk melihat sunset.

2. Pantai Padang Melang, Anambas

Pantai Padang Melang yang terletak di Pulau Jemaja Kabupaten Anambas ini merupakan salah satu pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di Kepulauan Riau. Bentangan pasirnya menerabas hingga dua wilayah, Kelurahan Letung dan Desa Bukit Padi, dengan panjang total delapan kilometer. Sepanjang pantainya, ditaburi permukaan pasir yang putih dan berbulir halus. Kalau bertandang ke sini, Anda juga bakal disuguhi bentangan airnya yang jerih bak kristal dengan gelombang lautnya teduh lagi tenang. Sebuah destinasi berlibur ideal bagi para pecinta wisata pantai.

3. Pantai Sisi, Natuna

 

Inilah satu-satunya pantai di Kepulauan Riau yang berhasil menyandang status sebagai pantai alami terbaik di dunia, versi majalah Islands. Terletak di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Pantai Sisi memang elok adanya. Garis pantainya panjang, membentang luas dengan butiran pasir halus dan putih bak salju.. Perairan di sekitarnya sangat bening, dan di bawahnya terhampar aneka rupa terumbu karang yang sangat terjaga kealamiannya. Surga bagi para penikmat wisata bahari.

4. Pantai Trikora, Bintan

Di antara barisan pantai di Pulau Bintan, Pantai Trikora adalah satu yang paling dikenal dan sejak lama jadi ikon wisata pantai terdepan yang sangat diminati pengunjung, baik wisatawan domestik maupun asing. Pantai ini membentang panjang di sisi Timur Pulau Bintan dan dihampari bentangan pasir putih berbulir halus. Beberapa bagiannya, dihiasi oleh hamparan bebatuan berbagai bentuk dan rupa. Berenang, menyelam, memancing serta berbagai olahraga pantai lainnya adalah sekian aktifitas yang bisa dilakukan orang kalau mengunjungi pantai ini. Letak pantai ini dari Tanjung Pinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau berkisar 45 kilometer atau satu jam perjalanan.

5. Pantai Lagoi, Bintan

Lagoi adalah sebuah kawasan wisata terpadu eksklusif di Pulau Bintan yang menawarkan bentangan pantai-pantai eksotis, lengkap dengan barisan resor kelas dunia. Setidaknya, ada sembilan resor di kawasan pantai yang berada di persimpangan perairan antara Singapura, Malaysia dan Pulau Sumatera ini. Akses menuju ke Lagoi juga terbilang mudah. Melalui darat bisa ditempuh dalam hitungan 60 menit dari kota Tanjungpinang. Sementara via laut, menggunakan speedboat, Lagoi justru makin gampang diakses, yakni mengambil rute dari Pelabuhan Sri Bintanpura ataupun langsung dari negara tetangga Singapura.

6. Pantai Tanjung, Natuna

Anda dianggap belum berkunjung ke Natuna kalau belum menyambangi pantai yang satu ini. Namanya Pantai Tanjung, terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Bunguruan Timur Laut. Di antara banyak pantai yang dianggap terbaik di Natuna, Pantai Tanjung dikenal sebagai pantai yang paling banyak dikunjungi.Panjang pantai ini mencapai hingga satu kilometer. Bentangannya melintasi dua desa yakni Desa Tanjung dan Limau Manis. Bentuknya landai, melengkung panjang di mana sepanjang sisi punggungnya tumbuh lebat ribuan pohon kelapa yang di sela-selanya berdiri rumah-rumah warga tempatan. Eksotis!

7. Pantai Penjalin, Anambas

Pulau Penjalin menjadi salah satu prioritas promosi Pemkab Kepulauan Anambas. Pulau ini terdiri dari Pulau Penjalin Kecil dan Penjalin Besar. Inilah batas kepulauan Anambas ke arah timur laut. Menggambarkan keindahan pulau ini, lebih baik tanpa kata-kata. Bila Anda memotretnya, maka tak perlu keahlian khusus untuk membuat hasilnya indah, karena objeknya sendiri yang akan membuatnya indah. Di beberapa sisi warna lautnya biru muda dan disisi lain warnanya biru tua dan pemandangan tersebut sungguh menjadi pesona tersendiri bagi kami. Disana tersaji keindahan alam tiada tara. Batu-batu besar di bagian lain pulau makin memberikan kesan kesan artistik terhadap kepulauan anambas. Surga jatuh dibumi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here