Beranda Travel Ini Dia, Lokasi Wisata Batam Populer

Ini Dia, Lokasi Wisata Batam Populer

43
0

Liburan ke Batam? Kota industri ini juga punya banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi. Ada wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, kuliner dan berbagai ikon Batam yang sudah dikenal. Inilah tempat wisata yang direkomendasikan untuk Anda:

  1. Icon Selamat Datang Batam
  •  Bukit ini namanya Bukit Clara. Lokasinya di Batam Centre, dekat Masjid Raya Batam Centre. Sejak dipasang tulisan WELCOME TO BATAM, sering dijadikan obyek foto wisatawan yang datang ke Batam, baik turis asing maupun domestic. Icon selamat dating ini, sudah terlihat saat Anda dari Singapura naik ferry ke Batam Centre.
  1. Jembatan Barelang

Jembatan yang menghubungkan Batam, Rempang dan Galang ini, merupakan jembatan pertama yang menggunakan cable stay di Indonesia. Jembatan Barelang diresmikan 10 Agustus 1998 dan kini menjadi ikon wisata Batam dan Kepulauan Riau. Enam jembatan itu menghubungkan Pulau Batam, Tonton, Nipah, Rempang, Galang dan Galang Baru.

  1. Mega Wisata Ocarina  Park
  • Kawasan Mega Wisata Ocarina Park yang berlokasi di Pasir Putih Batam Centre ini, dilengkapi dengan theme park, children water dan giant wheel atau bianglala raksasa. Arena permainan ini disebut dengan Ocarina.

 4. Queen Garden Waterboom

  • Wahana rekreasi air Queen Garden Waterboom memiliki tujuh wahana yang bisa Anda jajal. Ada twister slide, Olympic Pool dengan kedalaman 2 meter, Kiddie Pool, Wahana Gazebo, Lazy River dan juga kolam arus disediakan untuk para pengunjung.
  1. Water Park Top 100 Tembesi
  • Sarana bermain air seluas 1,5 hektar ini, memiliki arena seluncuran, kolam renang, kolam arus dan seluncuran setinggi 12,5 meter yang berkelok-kelok yang dinamakan tower serta seluncuran cepat super bowl. Tempat wisata keluarga ini selalu ramai dan mampu menampung 5.000 pengunjung. Lokasinya di Jalan Letjend Suprapto, Batuaji, Tembesi.
  1. Alun-alun Engku Putri

Alun-alun Engku Putri terletak di pusat pemerintahan Kota Batam dan di sekelilingnya, terdapat kantor Wali Kota Batam, DPRD Batam, PLN, Inigrasi, Kejaksaan dan BP Batam. Alun-alun Engku Putri dinilai sebagai salah satu alu-alun kota terkeren di Indonesia. Alun-alun ini bersih dan nyaman. Fasilitasnya antara lain, jogging track, lapangan basket dan futsal, arena skateboard dan climbing wall. Setiap minggu pagi, ribuan warga Batam bermain, olahraga dan bersantai di alun-alun ini.

  1. Masjid Agung Batam

Masjid Agung yang lebih di kenal dengan Masjid Raya Batam ini, memiliki kubah yang unik dan berbentuk limas. Memiliki menara setinggi 66 meter. Berdiri di lahan seluas 75.000 m persegi, masjid raya dibangun tahun 1999 dan selesai tahun 2001. Masjid ini dirancang oleh Ahmad Noeman yang juga merancang masjid Salman ITB Bandung. Masid Raya Batam mampu menampung 3.500 jamaah. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga menjadi pesona daya tarik wisata.

  1. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Ho terletak di kawasan Golden Prawn, Bengkong, Masjid Muhammad Cheng Ho adalah spot wisata yang cukup menarik, merupakan replika dari bangunan serupa yang ada di kota Surabaya, Masjid Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah di masa lampau yang tidak bisa dipisahkan dari Islam dan Nusantara. Masjid Muhammad Ceng Ho Batam dibangun di atas lahan 40 x 40 meter dengan daya tamping 200 orang.

  1. Bukit Senyum

Entah siapa yang memberi nama kawasan ini Bukit Senyum. Yang jelas, sejak lama Bukit Senyum terkenal sebagai tempat bersantai di malam hari. Dari Bukit Senyum, bisa  terlihat gemerlapnya kota Batam dan Singapura dari kejauhan. Kelap-kelip lampu gedung-gedung pencakar langit Singapura, tampak jelas dari Bukit Senyum. Termasuk lalu lalang pesawat yang terbang dan mendarat di bandara Changi, Singapura. Pada malam tahun baru, Bukit Senyum sangat padat lantaran warga menyaksikan pesta kembang api Singapura ataudari kapal yang sandar di laut Batam.

  1. Bukit Tanjunguma

Selain Bukit Senyum, dari Bukit Tanjunguma juga memiliki pemandangan aduhai. Beberapa sudut kota Batam seperti Jodoh, Nagoya, Lubuk Baja dan Pelita, bisa terlihat dari Bukit Tanjunguma. Juga tampak gedung-gedung tinggi di Singapura. Selain itu deretan kapal-kapal tanker juga bersusun di Selat Philip, perbatasan perairan Singapura dan Indonesia yang terhubung dengan Selat Malaka.

  1. Bukit Piayu Laut

Kampung tua Tanjungpiayu belakangan makin populer. Terutama menikmati sunset di Bukit Piayu Laut. Kawasan yang berbukit-bukit ini, belakangan banyak dikunjungi warga Batam dan wisatawan local lantaran terkenal dengan sejumlah restoran seafood dengan harga terjangkau. Pemandangan kanan dan kiri sangat indah. Lautan beserta gugusan pulau–pulau kecil tampak seperti mengambang. Indah sekali, terutamadi sore hari.

  1. Taman Habibie Tangga Seribu

Taman Habibie Tangga Seribu belakangan populer menjadi tempat wisata. Tangga ini dibangun pada tahun 1980-an, saat BJ Habibie mantan Presiden RI menjadi Kepala Otorita Batam. Cukup lama tak terurus, belakangan warga setempat membuka kawasan ini menjadi lokasi wisata. Lokasinya tidak jauh dari pantai Dangas, Kelurahan Tanjungpiunggir, Sekupang, Batam.

  1. Hutan Wisata Mata Kucing

Kawasan wisata alam yang berlokasi di kawasan Sekupang ini, menjadi pilihan warga Batam yang menyukai suasana alami. Hutan wisata mata kucing menyediakan beragam arena permainan. Di dalam kawasan hutan mata kucing, dipelihara berbagai jenis hewan dan menjadi kebun binatang mini. Di kebun binatang ini memiliki beberapa koleksi hewan seperti  buaya, ular, kura-kura, monyet dan beruang. Ada juga kolam ikan yang cukup besar dan memiliki ikan-ikan yang menarik perhatian pengunjung seperti arwana gold dengan panjang 1 meter, ikan Arapaima Gigas dengan pajang 2 meter ditambah lele yang berukuran jumbo.

  1. Telaga Bidadari

Selain pulau dan pantai, Batam juga punya hutan lindung. Nah, telaga bidadari ini terletak di taman wisata alam Mukakuning atau hutan Pancur. Air terjun yang masih terjaga keasriannya ini yang bernama Telaga Bidadari.

  1. Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam yang berlokasi di kawasan Nongsa, kini menjadi destinasi wisata baru yang didirikan sekaligus untuk melindungi keanekaragaman hayati. Kebun Raya Batam memiliki 2.500 koleksi tanaman dan 9.700 bibit yang belum ditanam. Adapun bibit-bibit yang sudah ditanam adalah 500 pohon ketapang kencana. Kebun Raya Batam diresmikan 22 Desember 2018. Kebun Raya Batam memiliki taman tematik seperti maze garden, flower garden, children garden dan hutan mangrove.

  1. Kampung Vietnam

Sedikit sejarah Kampung Vietnam adalah tempat pelarian rakyat Vietnam pada tahun 70-an karna saat itu tengah berkecamuk perang saudara sehingga mereka melarikan diri dari negara vietnam ke Pulau Galang di Batam untuk bertahan hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here