Beranda Travel Pulau-Pulau Cantik di Batam

Pulau-Pulau Cantik di Batam

50
0

Batam kaya pulau. Kota ini memiliki 371 buah pulau. Baru sebanyak 308 pulau yang sudah punya nama. Di antara ratusan pulau-pulau itu, ada beberapa pulau cantik dan menawan. Pulau-pulau ini menjadi incaran wisatawan untuk menikmati keindahan pantai, alam bawah laut dan pesonanya. Pulau apa saja?

 1. Pulau Abang

Terletak di Selatran Kota Batam, tepatnya di jembatan 6 Barelang. Pulau Abang terkenal dengan wisata bawah laut yang indah. Anda bisa snorkeling dan diving di Pulau Abang. Pulau ini dikelilingi oleh beberapa pulau kecil seperti Pulau Petong, Pulau Dedap, Pulau Hantu. Pulau Pengerlap, Pulau Kelapa dan Pulau Abang Besar.  Selain memiliki pantai yang indah pulau abang menyimpan sejuta keindahan taman laut, hampir di setiap titik perairannya, ditumbuhi terumbu karang yang masih alami.

  1. Pulau Putri

Pulau Putri jaraknya sekitar 1 km saja dari pantai nongsa di Pulau Batam, terdiri atas tiga bagian, dan ketiga bagian pulau putri menyatu pada saat air laut surut sebaliknya terpisah pada saat air laut sedang pasang hingga terlihat seperti tiga pulau.

  1. Pulau Labun

Lokasinya di Pulau Galang Baru, Batam. Kini, Pulau Labun menjadi lokasi wisata ekslusif dan disukai wisawatan mancanegara. Pulau seluas 1 km2 ini menyim-pan keindahan alam, pantai dan taman laut yang luar biasa. Pengelola Pulau Labun menyewakan beberapa homestay. Anda yang suka menyelam, banyak spot selam yang menarik. Pulau Labun punya dua sisi pantai, di Selatan dan Barat. Jika tertarik berlibur ke sini, Anda harus booking jauh-jauh hari.

  1. Pulau Pengalap (Kepri Coral)

Pulau Pengalap merupakan gugusan pulau-pulau yang keseluruhan berjumlah 53 buah pulau. Kehadiran Kepri Coral Resort menambah daya tarik pulau ini, terutama akuarium bawah laut yang besar. Pantai berpasir putih yang landai, hutan mangrove alami, air lautnya berwarna biru muda dan hijau tosqa, benar-benar memanjakan mata.  Di ujung pantai, ada tebing karang yang eksotis. Pulau Pengalap terkenal dengan terumbu karang yang indah, jumlah ikan-ikan karang yang tak terhitung jenisnya, perbukitan yang menghijau serta beragam hutan magrove yang masih terjaga. Karena keindahannya pulau pengalap pun tidak pernah sepi dari wisatawan terutama para pencinta pemandangan bawah laut. Penginapan untuk tamu antara lain, dome village, Kepri Coral Cabing dan Kelong Kabin yang unik.

5. Pulau Tunjuk                                                                                                                                                                      Pulau ini adalah salah satu pulau di Batam dengan pesona pantai yang memukau. Salah satu ujung pantainya yang berpasir putih, memanjang seperti telunjuk. Di Pulau Tunjuk, juga terdapat menara suar. Uniknya, pantai di Pulau Tunjuk bisa berubah-ubah, sesuai arus laut. Pasir di pantai bergerak hilang dan timbul. Warga setempat menyarankan, agar jangan bermain-main terlalu jauh dari pesisir pantai, terutama bagi yang tidak bisa berenang. Sebab, saat pasir pantai terbawa arus, Anda bisa tenggelam karena pasir yang menjadi pijakan tahu-tahu lenyap dan laut serasa bertambah dalam.Pulau Tunjuk. Pulau Tunjuk termasuk wilayah Kelurahan Subang Mas, Kecamatan Galang.Untuk menuju ke Pulau Tunjuk, Anda bisa menyewa boat pancung dari Telaga Punggur.

  1. Pulau Mubut Darat

Keindahan Pulau Mubud bisa dilihat dari pasir pantainya yang begitu bersih dan berwarna putih serta lautnya yang jernih. Dari desa Sembulang, penyeberangan ke pulau ini akan memakan waktu sekitar 15-20 menit. Traveler yang snorkeling di laut Pulau Mubud bisa berjumpa dengan bintang laut yang memang banyak menghuni perairan di sekitar pulau tersebut.

  1. Pulau Petong

Pulau Petong terkenal sebagai surga penggemar alam bawah laut. Pulau ini menjadi spot paling ideal bagi pecinta snorkeling dan diving. Beragam koral dan hewan bawah laut menjadi pemandangan eksotis. Kesibukan bekerja di kota Batam sebagai kota industri, berlibur dan melarikan diri sejenak ke Pulau Petong, Anda bisa menyaksikan ikan berwarna-warni dan biota laut yang keren di Pulau Petong.

 8. Pulau Karas

Pulau Karas luasnya hanya 480 hektar. Namun, pulau kecil ini cukup indah dan menjadi destinasi wisata di Batam. Di Pulau Karas, Anda akan menemukan jejeran pohon kelapa, pantai dan terumbu karang dengan ikan berwarna cemerlang serta kehidupan laut eksotis lainnya. Pulau karas mempunya pantai berpasir putih yang bersih dan juga karena letaknya menghadap ke laut lepas. Di seberang lautan,  tampak Pulau Anak Karas. Keindahan pulau anak karas memang megelenda sangat ideal menjadi destinasi wisata.

  1. Pulau Subang Mas

Pulau Subang Mas termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Galang, Kota Batam. Untuk menuju pulau ini, bisa melewati jembatan 1 Barelang atau dari pelabuhan Telagapunggur, naik pompong. Pulau ini memiliki pantai yang sangat indah yang terkenal dengan sebutan Pantai Moondharhanna atau pantai Permata berpasir putih bersih dipadu dengan air laut yang jernih berwarna gradasi biru toska.

Disini dipercaya terdapat makam Putri Dahlia seorang putri dari kerajaan Riau-Lingga atau tepatnya anak dari Raja Daik, dimana kapalnya terdampar dipulau Subang Mas akibat diterjang badai dalam perjalanan. Namun uniknya makam yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar ini muncul secara misterius atau muncul begitu saja.

10.Pulau Ranoh

Pulau yang eksotik dan berpasir putih ini, terletak di dekat Pulau Galang, kota Batam dan merupakan gugusan pulau-pulau di sekitar Pulau Abang, di Kecamatan Galang, Batam. Pulau Ranoh berpasir putih, air laut yang jernih dan terumbu karang dengan aneka bentuk yang unik serta bermacam ikan hias yang berwarna-warni mempercantik Pulau Ranoh. Dari jembatan 6 Barelang, di Pelabuhan Labun, Anda naik kapal cepat bermesin ganda, 20 menit sampai di Pulau Ranoh. Pulau berpasir putih, air laut yang jernih, nyiur melambai, serasa berada di pulau pribadi. Aneka water sport seperti jet sky, banana boat, kano dan snorkeling menanti Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here